UANG PALSU, ROBEK DAN MAKELAR : NO WAY!

Apakah anda termasuk orang yang kecewa terhadap pelayanan birokrasi?. seperti lambatnya proses pelayanan birokrasi, jalur pelayanan yang panjang hingga akhirnya mau tidak mau pengguna pelayanan publik dengan terpaksa harus memberikan suap atau memakai jasa makelar?. Adakah kekecewaan itu ada pada pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di Dishub Kab Sampang?

Bagaimanapun Masyarakat selalu berharap mendapat pelayanan publik yang berkualitas dari birokrasi.  walaupun perwujudannya masih tidak sesuai harapan. Dalam pelaksanaan pelayanan publik terdapat beragam inovasi pelayanan, dimana inovasi dalam pelayanan publik diharapkan mempunyai manfaat yang besar untuk masyarakat. Inovasi muncul pada saat banyaknya kendala yang dihadapi pemerintah dalam hal pelayanan publik. 

 

Menurut Peraturan Menteri PANRB No. 30/2014, inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Inovasi ini tidak harus berupa suatu penemuan baru, melainkan pula mencakup pendekatan baru, perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi pelayanan publik yang ada. Salah satu pelaksanaan pelayanan publik adalah pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor di suatu instansi pemerintahan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan. Peran sistem pengujian dalam pencapaian kriteria tersebut adalah sangat menentukan, walaupun dalam pelaksanaannya akan menghadapi berbagai masalah yang kompleks, karena memerlukan penanganan yang terpadu dalam memastikan kelaikan jalan seluruh kendaraan bermotor secara berkesinambungan.

Pengujian kendaraan bermotor adalah serangkaian kegiatan menguji dan/atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan laik jalan.

Pengujian Kendaraan Bermotor Sampang telah memiliki kelengkapan sarana dan prasarana, yang meliputi alat-alat uji, Bukti Lulus Uji Elektronik. Sistem administrasi yang juga sudah dilengkapi dengan system pembayaran non tunai melalui (Qris) yang bekerjsama dengan PT. Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim). Qris (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standarisasi pembayaran mengunakan metode QR Code dari Bank Indonesia Agar proses Transaksi Dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Di era revolusi 4.0 ini, hampir semua orang aktif memiliki handphone androit. Sebagaimana pisau bermata dua, handphone bisa lebih bermanfaat bila tehnologinya digunakan dengan baik, seperti membaca QRIS dalam pembayaran pengujian kendaraan bermotor. Maka menjawab perkembangan tekhnologi yang semakin cepat, diperkenalkanlah inovasi Si Pembalap Kemoris (Sistem pembayaran layanan pengujian kendaraan bermotor dengan Qris). Inovasi ini mempunyai manfaat

  1. Mempermudah dan mempercepat sistem pelayanan dan pembayaran secara digital;
  2. Menghindari penerimaan uang palsu atau robek .
  3. Membantu mempercepat kerja SDM yang telah tersedia;
  4. Prosedur yang jelas dan mudah akan dengan sendirinya menghilangkan praktek makelar dan suap.

inovasi Si Pembalap Kemoris ini, semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan terbaik, pengguna jasa tidak perlu repot lagi membawa uang tunai, terhindar dari uang palsu/rusak/sobek, tidak perlu menyediakan uang kembalian serta terlindungi karena semua Qris sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Penulis : Mamik & Dita (21/06/2022)